Tren 5 Teknologi Digital yang Sangat Bermanfaat Bagi Kehidupan

Tren 5 Teknologi Digital yang Sangat Bermanfaat Bagi Kehidupan

Tren 5 Teknologi Digital yang Sangat Bermanfaat Bagi Kehidupan

Perkembangan pesat teknologi digital tak urungnya membuat kehidupan manusia semakin dipermudah. Mulai untuk urusan pekerjaan, pendidikan, belanja online, mencari hiburan, dan lain sebagainya. Terlebih saat memasuki masa pandemi yang mengharuskan setiap orang berdiam diri di rumah dan melakukan segalanya hanya dari rumah.

Maka dari itu, secara tidak langsung teknologi digital menjadi sangat penting dalam mendukung aktivitas manusia menjadi semakin mudah. Ada banyak jenis teknologi digital yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Seperti apa? Baca artikel ini sampai habis ya.

Tren 5 Teknologi Digital yang Sangat Bermanfaat Bagi Kehidupan

Tahukah kamu apa-apa saja teknologi digital yang sudah sangat berjasa bagi kehidupan manusia di zaman milenial ini? Dari pada penasaran, berikut daftarnya:

1. Teknologi Wireless

Teknologi digital yang sedang tren saat ini adalah wireless atau nirkabel. Di mana, teknologi digital ini merupakan teknologi tanpa membutuhkan kabel sebagai transmisi data sehingga akan memudahkan kehidupan manusia untuk urusan telekomunikasi, kontrol kendali, sampai transportasi. Apalagi teknologi wireless kini berkembang cukup pesat yang penerapannya sudah dilakukan di kehidupan sehari-hari.

Di mana, komunikasi melalui smartphone menjadi contoh jelas yang memungkinkan komunikasi dilakukan secara mobile untuk hampir semua kalangan usia. Mengingat, keberadaan smartphone saat ini menjadi salah satu kebutuhan primer.

2. Internet of Things atau IoT

Istilah IoT atau Internet of Things juga tidak kalah terkenalnya saat ini. Di mana, IoT adalah interkoneksi antara alat maupun objek dengan jaringan internet sehingga memungkinkan penggunaannya dapat dipantau dari jarak jauh melalui koneksi internet. Menurut oracle.com, ada sebanyak lebih dari 7 miliar device yang terhubung dengan IoT dan diperkirakan jumlahnya bakal terus meningkat mencapai 22 miliar di tahun 2025.

Teknologi digital ini menjadi tren berkat kepraktisannya dalam penerapan di aktivitas sehari hari. Misalnya saja, pada lampu, AC atau CCTV yang dikendalikan melalui smartphone dan mobil masa depan yang mampu berjalan tanpa driver dengan pengendalian otomatis berbasis GPS serta jaringan internet.

3. E-Money

Produk teknologi digital seperti Gopay, OVO, dan DANA memang sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang. Di mana, produk ini mampu memfasilitasi penggunanya dalam hal bertransaksi secara fleksibel dan nyaman. Produk digital tersebutlah yang disebut dengan istilah e-money atau electronic money. Berdasarkan European Central Bank, e-money sendiri adalah value dari suatu uang dengan disimpan ke dalam bentuk elektronik yang berbasis hardware maupun software.

Teknologi digital ini sedang menjadi tren saat ini sesuai dengan karakteristik masyarakat saat ini yang cenderung lebih menyukai hal praktis dan fleksibel. Di mana, penggunaan e-money dilakukan tanpa perlu menyiapkan uang kembalian karena terupdate secara otomatis melalui sistem.

4. Artificial Intelligence

Istilah artificial intelligence atau kecerdasan buatan sebagai produk teknologi digital sedang hangat-hangatnya diperbincangkan. Di mana, AI merupakan kemampuan pada mesin komputer dalam mereplikasi cara berpikir maupun logika manusia. Konsep ini sendiri sudah dirumuskan oleh manusia sejak tahun 1950.

Sementara kini perkembangannya sudah mencakup semua lini kehidupan manusia. Mulai dari gadget yang digunakan sampai sistem kontrol otomatis untuk kendaraan, perangkat elektronik, dan juga industri. AI sudah banyak membantu hidup manusia menjadi lebih mudah. Mesin AI sendiri mampu menyimpan informasi melalui pembacaan dan kemampuan mengolah serta menuangkan informasi ke bentuk tulisan teks.

5. Augmented Reality dan Virtual Reality

Terakhir ada teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR). Teknologi ini merupakan sebuah simulasiyang menggunakan program komputer yang memungkinkan penggunanya berinteraksi dengan lingkungan pada program tersebut dan merasakan dunia maya secara nyata.

Atas perkembangan teknologi ini, mampu menghadirkan sensasi sentuhan, audio, hingga indra penciuman seakan nyata. Berdasarkan linchpinseo.com, di tahun 2018, pasar AR dan VR mampu menjual produknya mencapai 8,9 juta pengguna dan diperkirakan hingga akhir tahun 2022 bakal tumbuh mencapai 65,9 juta pengguna.

Selain itu, perkembangan AR dan VR juga akan terus meningkat khususnya dalam dunia entertainment meliputi video game dan virtual tour. Ditambah bidang IPTEK memanfaatkan teknologi digital ini untuk kebutuhan data visualization seperti molekular, simulasi pemodelan cuaca, arsitektur, pelatihan mengemudi dan penerbangan, edukasi, sports, martial art training, terapi kejiwaan, serta masih banyak lagi.

Demikian ke-lima tren teknologi digital yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement